Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

5 Tips Membuat Judul Konten Blog

Blog - Tahukan kalian bahwa berdasarkan laporan Google Analytics, halaman arahan dalam web / blog memiliki tingkat bouncing 91%. Itu berarti, 91% blog walker yang mengunjungi blog kalian hanya melihat sekilas lalu keluar, memutuskan dengan cepat bahwa situs yang mereka buka bukanlah yang mereka cari.


Panduan menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

 

Bagaimana cara mengikat mereka bertahan lebih lama, syukur-syukur membaca konten kalian? Penelitian terbaru menyebutkan bahwa seorang pengunjung memutuskan bertahan atau keluar dari sebuah blog dalam waktu 8 detik atau kurang.

 

Dalam waktu yang sesingkat itu, pasti harus ada sesuatu yang bisa kalian tawarkan sehingga pengunjung tak segera berlalu dari situs kalian. Salah satunya adalah dengan menghadirkan judul konten yang hebat.


Jika konten adalah toko, maka judul adalah papan namanya. Dari kejauhan orang tertarik mendatangi toko kalian dari papan nama yang terpampang, mencuat diantara puluhan papan nama toko yang lain. 


Hanya papan nama yang unik dan menarik sajalah yang akan mendapat prioritas didatangi pengunjung. Demikian juga konten / tulisan.


Judul menjadi sangat penting di era seperti saat ini dimana ribuan konten diciptakan orang dalam sehari. Kita tak akan bisa membaca semuanya. Kita pasti akan membaca secara selektif karena saking banyaknya. 


Daya pikat pertama tulisan atau konten kalian tentu ada pada judul. Apalagi jika banyak teman kalian menggunakan RSS Feed, yang akan menampilkan semua konten terbaru dari blog kalian yang di posting maupun dari blog orang-orang selain kalian. 


Lihat Juga : Bagaimana Cara Registrasi Blog Ke Search Engine


Teman kalian mustahil membaca seluruhnya, bukan? Ia — saya yakin — hanya akan membaca judul posting mana yang paling menarik untuk dibaca.


Jadi, bagaimana judul konten yang hebat itu? Judul konten yang hebat itu harus eye-catching, menggugah, dan karenanya menarik perhatian. 


Sekali membaca judul itu, ia sudah kebayang isinya, seketika tertarik untuk melihat dan datang ke blog kalian untuk membacanya. 


5 Tips Menulis Judul Konten Yang Hebat

5 Tips Membuat Judul Konten Yang Hebat
Berikut tips bagaimana membuat judul konten yang hebat itu:

Pertama, pilih judul yang konkrit, bukan abstrak.


Lebih baik memberi judul “Cinta Segitiga Rani” daripada sekedar “Cinta Yang Sulit” atau hanya “Rani” begitu saja.


Lebih baik “Lima Masalah Utama Kemiskinan Indonesia” daripada “Masalah Kemiskinan di Indonesia”.


Pilih Judul Yang Unik


Kedua, pilih judul yang unik, berbeda. Keunikan dan keberbedaan akan menjadi daya tarik tersendiri untuk konten yang kita buat.


“Fokus! Fokus! Fokus!” menurut saya sebuah judul yang unik daripada sekedar “Fokus” atau “Membuat Blog Yang Fokus.”


“Fitrinya Hati Fitri” menurut saya lebih berbeda ‘taste’-nya dibanding “Fitri yang Baik” atau “Fitri yang Suci”. Susunan kata dan iramanya kedengaran unik. Dan itu yang membuatnya menarik.


Buat Judul Yang Kontroversial


Ketiga, buat judul yang kontroversial. Maksud saya kontroversial bukan dalam arti negatif, tetapi secara susunan kata menyentil rasa penasaran pembaca.


“Menakar Jurus Mabok PKS”  cukup membuat penasaran bukan? Menggabungkan “jurus mabok” dan “PKS” tentu mementik rasa penasaran.


“Blog Saya Ditaut Intelijen Indonesia” pada blog pribadi saya juga sempat meroket rating pembacanya. Kalian tahu berurusan dengan “intelijen” tentu seperti pepatah “ulo marani gepuk” (jawa). Kata itu mementik rasa penasaran, setidaknya menurut saya.


Buat Judul Yang Bombastis


Keempat, buat judul yang bombastis. Artinya, kesannya wah, omong besar dan melangit. Tetapi ini punya konsekuensi, jika isinya tidak sebesar judulnya, pembaca akan kecewa dan mengambil keputusan untuk tidak memercayai kalian. 


Saya belajar (juga) pada Romi untuk masalah ini. Dia sering menggunakan kata “Kupas Tuntas” untuk judul konten postingnya.


“Kupas Tuntas Pornografi di Internet.” Apa yang terbayang di benak kalian?


“Kupas (tidak) Tuntas UU ITE.” Ini dinegasikan. Tetapi lebih OK kan?


Buat Judul Yang Menyentil Pembaca


Kelima, buat judul yang menyentil pembaca untuk tahu jawabannya; yakni dengan pertanyaan. Bahkan pertanyaan itu mungkin pembaca sebenarnya sudah tahu jawabnya.


“Pilih Mana: Zina Atau Poligami?” Wah, kalau ini sih terlalu mendramatisir. Jawabnya pasti yang kedua kan? Tapi ya apa sesederhana itu? Nah, itulah menariknya judul ini.


“Ada Apa Di Balik Iklan PKS?” kalian mungkin punya jawaban sendiri. Tetapi, kalian pasti pengin tahu juga isi pikiran orang terhadap masalah ini, bukan?


Nah, mudah bukan? Karena gandrung dengan judul, seringkali setiap menemui sesuatu, saya langsung rangkai sebuah judul. Ketika Jakarta kebanjiran beberapa tahun yang lalu, saya langsung mendapat judul novel “Kapal Di Atas Kota.” Kok kapal di atas kota, bukannya laut? Kontroversial bukan?

Bagaimana dengan kalian?

LihatTutupKomentar