Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Auto-Generate Meta Tag untuk Memaksimalkan SEO

Tutorial Blog - Auto-Generate Meta Tag untuk Memaksimalkan SEO -  Bagi blogger pemula seperti saya, sangat sulit untuk memahami konsep dari auto meta tag. Akan tetapi setelah mencari referensi sana-sini hingga hampir menghabiskan waktu beberapa waktu, akhirnya dapat juga memasang auto meta tag. 

Sebelum arikel ini, saya sudah menulis beberapat artikel mengenai meta tag dan kali ini saya juga kembali menulis mengenai meta tag. 

Hal ini membuktikan bahwa bahasan mengenai  Auto-Generate Meta Tag untuk Memaksimalkan SEO sangat luas dan banyak hal yang bisa diungkap dari sana. 

Mungkin inilah sebabnya kenapa Meta Tag selalu menjadi bahasan yang menarik bagi para blogger. Aduh kelamaan ya basa-basinya,,,oke dah capcus...

Semua blogger pasti ingin membuat meta tag yang se-"SEO Friendly" mungkin. Untuk membuatnya se-SEO friendly mungkin, maka kita harus membuat meta description dan meta keywords se-unik mungkin. 

Oke, mari kita ambil contoh pemasangan meta tag "konvensional" yang merupakan bentuk meta tag paling sederhana.

Auto-Generate Meta Tag untuk Memaksimalkan SEO

Auto-Generate Meta Tag untuk Memaksimalkan SEO
 Auto-Generate Meta Tag untuk Memaksimalkan SEO

<meta name='description' content='Blog tempat mencari tip - tips tentang Blog'/>

<meta name='keywords' content='keyword, adsense, blog, tips blog'/>

Dengan meta seperti itu maka ketika tampil di halaman indeks maka deskripsi yang muncul ya hanya yang tertulis pada meta description di atas. 

Jadi, baik homepage dan semua halaman posting akan memakai meta description yang sama. 

Hal ini menyebabkan meta tag blog kita menjadi kurang unik dan selanjutnya tidak dapat dikenali dengan baik oleh search engine.  

Kemudian untuk meta keywords, akan menyebabkan artikel/ postingan kita akan memiliki keyword seperti yang tertulis pada meta keywords di atas. 

Tentu saja hal ini kurang efektif, terutama untuk blog yang memiliki tema yang luas dalam postingan.

Nah, di sini auto meta tag mengambil peran. Auto meta tag akan memasang meta description dan meta keywords yang berbeda untuk setiap halaman blog kita, termasuk untuk setiap halaman/ judul posting. 

Jadi setiap halaman/ judul posting di blog kita akan memiliki meta description dan meta keywords -nya sendiri (independent). 

Dengan begini maka kita akan memiliki meta tag yang unik dan selanjutnya dapat berdampak pada SEO. 

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat/ memasang auto generate meta tag di Blogspot

( Khusus OS Windows):

1. Download terlebih dahulu tool  Auto-Generate Meta Tag.

2. File tersebut dalam format .zip, maka ekstrak terlebih dahulu.

3. Kemudian jalankan programnya, "blogger-update-metatags-py2exe"

4. Maka akan muncul jendela

5. Pilih Enter Details For A Single Blog

6. Masukan alamat blog temen-temen, alamat email dan password (alamat email dan password kalian  untuk login ke Blogger)

7. Klik OK dan tunggu prosesenya (harap sabar karena prosesnya bisa bermenit-menit)

8. Jika berhasil maka akan muncul tulisan : "Updated meta tags for blog, successful"

9. Untuk mengeceknya, temen-temen silakan login ke Blogger. Kemudian cek kode HTML template blog temen-temen. 

Jika proses di atas berhasil maka di blog temen-temen akan muncul kode seperti ini:

Temen-temen bisa perhatikan perubahan yang muncul. Program Auto-Generate Meta Tag tadi telah menambahkan kode meta pada blog temen-temen. Kode meta tersebut dimulai dari 

<!-- BEGIN OF AUTO-GENERATED META TAGS --> dan diakhiri dengan <!-- END OF AUTO-GENERATED META TAGS --> 

Kode ini bisa sangat panjang, tergantung jumlah postingan pada blog temen-temen. 

Oh iya,,sebelum lupa,,perlu temen-temen perhatikan bahwa Program Auto-Generate Meta Tag tadi akan menjadikan paragraf pertama setiap artikel temen-temen menjadi description, sedangkan label akan menjadi keyword-nya. 

Jadi saya menyarankan, apabila temen-temen memakai Program Auto-Generate Meta Tag ini maka sebaiknya temen-temen menulis paragraf pertama setiap artikel/ postingan dengan deskripsi/ abstraksi mengenai artikel/ postingan yang bersangkutan. 

Dan untuk keywords, sebaiknya temen-temen memilih label yang spesifik untuk "menembak" keywords pada artikel/ postingan yang bersangkutan. 

Saya kutip dari artikel No-Ack: Auto-generated meta tags for your blog : It generates meta tags for the following pages. 

" The hompage with the blog description with the most used tags in the blog as keywords The page of each post with the first paragraph of the post as description with the tags of the post as keywords "

Perlu diperhatikan juga, meskipun namanya auto tapi program ini tidak sepenuhnya otomatis, temen-temen harus menjalankan Program Auto-Generate Meta Tag tadi setiap kali temen-temen memposting artikel baru, supaya  Auto-Generate Meta Tag dapat memperbarui meta tag blog temen-temen dengan menuliskan meta tag dari artikel yang baru di-publish.

Dan satu lagi, ketika saya mencobakan tool di atas ke beberapa blog saya, ada yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil. Jadi, kemungkinan tool di atas tidak berfungsi pada beberapa blog. Mengapa? Untuk sebabnya, saya sedang mencoba mencari tahu.

Semoga Bermanfaat dan jangan lupa feedbacknya yah,,, : )

LihatTutupKomentar