Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Bahasa Kekuatan Seorang Blogger

Gaya Bahasa Adalah Kekuatan Seorang Blogger
Melatih kemampuan menulis

Blog
|| Gaya Bahasa sebuah tulisan atau gaya bahasa si penulis sangat menentukan sebuah tulisan itu menarik atau tidak. Dalam jenis tulisan apapun, gaya bahasa memegang peran penting.


Baca Juga : 5 Tips Membuat Judul Konten Yang Hebat


Ketika kalin membaca sebuah tulisan (sebuah cerita atau satu artikel) misalnya. Apa yang menarik dari tulisan itu?  Barangkali  anda  menjawab: tema-nya (menarik), atau  Gaya Bahasa (dari si penulis).


Jelas, ya? Memang dua hal itu menentukan sebuah tulisan  menarik atau tidak. Tema dan Gaya Bahasa  penuturannya memegang peran sangat penting.


Benar, Gaya Bahasa merupakan factor paling penting agar sebuah tulisan enak dibaca. Kalau  kalian sudah memiliki  teknik menulis, semua ide akan mengalir dengan sendirinya. 


Tentulah tulisan itu akan menjadi hidup. Sebuah tulisan dengan  style  yang khas akan mengikat pembaca untuk tetap meneruskan membaca sampai akhir kalimat.


Rasanya itulah rahasia terbesar dari teknik menulis. Meskipun ada penulis ternama menyatakan bahwa “konflik” dalam sebuah tulisan merupakan daya tarik yang kuat, tetapi kalau tidak didukung dengan Gaya Bahasa yang tepat, meski ada sebuah konflik sekalipun, sebuah tulisan tetap saja akan menjadi sia-sia.


Bicara tentang Gaya Bahasa  atau style (kata orang) hal itu berbanding lurus dengan  kehidupan nyata. Dalam kehidupan fantasi,  style atau gaya  dalam tulisan adalah ruh. 


Demikian pula dalam kehidupan nyata, dalam kehidupan sehari-hari, ketika orang berbicara menggunakan teknik berbicara  yang bagus, omongannya jadi sangat menairk. 


Taruh kata isi pembicaraan Cuma biasa-biasa, tetapi karena Gaya Bahasa  atau cara bicaranya yang bagus, setiap kalimat orang itu terasa amat menarik.


Tetapi memang, perlu diingat, membangun sebuah Gaya  itu tidak gampang, kendati bisa dipelajari oleh setiap orang yang berminat menjadi penulis (yang) baik.


Lepas dari semua yang disebutkan diatas, ciri khas sebuah tulisan tetaplah dibutuhkan. Seperti disebutkan dimuka, dalam kehidupan fantasi (imajiner) maupun dalam kehidupan nyata Gaya Bahasa lah yang secara nyata telah memberikan sumbangan terbesar dalam kemajuan dunia penulisan.


Jadi, baiklah. Semua itu Cuma berarti satu. Bagi seorang penulis,  untuk tetap mengikat pembaca pada tulisannya,  maka pandai-pandailah membangun style  yang baik. Sekalipun tidak mudah tetapi masih bisa dipelajari. Caranya? 


Banyak membaca tulisan dari penulis-penulis yang baik. Cari dan temukan. Banyak kok penulis bagus di dalam negeri maupun di luar negeri. 


Ada saran, awalnya tiru saja  model mereka, cara menulis, kalau tahu juga caranya berbicar. Jadikan ia model tulisan kalian. Gaya dari penulis yang kalian sukai itiu akan hidup dalam diri Anda.  


Yach…memang, mulanya meniru. Tetapi lama kelamaan kalian pasti menemukan Gaya Bahasa sendiri yang sesuai dengan kepribadin sendiri.

LihatTutupKomentar