Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Plugin Wajib dimiliki Blog Wordpress

Blog - Plugin adalah suatu  code software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut. Code tersebut ditemukan di program atau aplikasi seperti Mozilla, Google Chrome, Opera Browser, dan WordPress.


Biasanya tiap plugin memang dibuat untuk satu aplikasi atau program tertentu. Misalkan, add ons Mozilla tidak bisa diinstal untuk Google Chrome. Begitupun kebalikannya, extension Google Chrome tidak bisa terpasang di Mozilla.


Plugin di WordPress

Plugin Wajib Dimiliki Setiap Blog Wordpress

WordPress sebagai salah satu CMS paling populer menyediakan plugin supaya beberapa pemakainya dapat memberikan sejumlah fitur terbaik di web atau situsnya. Tersedianya plugin di WordPress mempermudah para pemakai WordPress yang tidak ahli dalam coding.


Plugin ialah cara mudah untuk para pemakai CMS WordPress untuk menambah sejumlah fitur di web atau situsnya.


Tidak  perlu ahli coding untuk menambah satu atau beberapa feature di website atau web yang memakai WordPress karena ada plugin ini. Kalian hanya perlu memasangkan plugin yang diperlukan dan ikuti perintah yang diberi oleh pengembang plugin tersebut.

Beberapa macam kategori plugin WordPress yang terkenal ialah seperti berikut:


  1. Plugin SEO
  2. Plugin Keamanan
  3. Plugin Backup
  4. Plugin Anti-Spam
  5. Plugin Kecepatan Website
  6. Plugin Social Media


Untuk blog wordpress self hosted ada beberapa plugin yang wajib dimiliki untuk meningkatkan usability dan seo nya.Ini adalah daftar pluginnya:


1.Google XML sitemap


Plugin ini berfungsi membuat sitemap untuk situs kita dalam format xml dan gzip.Ini perlu sekali agar mesin pencari mudah dalam mengindex situs kita dan berbagai link didalamnya.Jangan lupa juga submit sitemap xml ini ke google webmaster tool.


2.Broken link checker


Fungsi plugin ini untuk mendeteksi semua link baik itu internal link atau external.Bila ditemukan link yang error maka plugin ini akan menampilkannya dan memberikan pilihan apakah link itu akan di edit ,di unlink atau di remove.


3.Wordpress seo


Plugin yang mengatasi masalah seo wordpress dengan sangat lengkap.Plugin ini juga mengintegrasikan fungsi robot meta dan breadcumb .


Plugin seo yang saya pikir lebih baik dari All in one seo yang sangat populer. Namun bila anda kurang sreg lebih baik gunakan aja All in one seo karena wordpress seo masih versi veta


4.Exploit scanner


Plugin keamanan yang berfungsi mendeteksi kode jahat yang dienkripsi.Biasanya terdapat pada tema-tema gratis dan nulled yang didownload dari internet.


5.Wordpress firewall


Sama juga plugin keamanan ,namun berfungsi mendeteksi berbagai request http yang mencurigakan,seperti direktori traversal /../ dan lainnya


6.WP-DBManager


Plugin untuk mengoptimasi dan mengatur tabel database langsung dari dashboard admin kita.


7.Search Term Tagging


Plugin yang berfungsi menangkap keyword yang masuk/datang dari mesin pencari dan menjadikannya title untuk postingan yang bersangkutan atau menghasilkan halaman otomatis dengan tag “search”


Catatan: jangan berlebihan menggunakan plugin ini ,karena bisa dapat penalti google


Agar aman link keyword yang ditangkap dibuat untuk link postingan saja ,jangan pada search


8.WP-Page Navi


Menambah navigasi halaman situs.Beberapa tema ada yang mengintegrasikan fungsi ini ,jadi pastikan cek dulu.


9.Contact form 7


Untuk mengatur halaman kontak dengan menggunakan mark-up sedrhana yang bisa dikostumisasi sesuai keinginan kita.


10.Wp-Touch


Membuat tampilan blog menyesuaikan bila diakses oleh pengunjung yang menggunakan handphone dengan berbagai tipe dan merk


11.W3 Total Cache


Plugin yang membuat cache untuk situs kita.Ini perlu sekali bila situs banyak sekali pengunjungnya agar loading lebih cepat.hati-hati dalam menggunakannya,pastikan baca petunjuk dengan benar.


12.Maxblog Ping Optimizer


Agar situs / blog wordpress tidak kena banned sama situs ping servis.Ada smart update pinger,plugin yang berfungsi sama untuk mengatasi masalah ping wordpress,tapi plugin ini sudah tidak lagi dikembangkan.


13.PTM Ajax comment


Agar setiap ada yang berkomentar tidak harus mereload halaman,namun cukup dengan fungsi ajax ini halaman tetap /tidak reload dan komentar pun muncul plus ada tambahan pilihan gambar loader ajax sendiri untuk menyesuaikan dengan selera atau bisa buat sendiri di preloaders.net

LihatTutupKomentar