Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tips trik seo sederhana namun banyak terabaikan

Blog Wordpress- Dunia seo tidak melulu soal hebatnya suatu script atau template dalam memenuhi kebutuhan vital bagi mayoritas pemilik situs atau blogger toh dalam prakteknya masih banyak trik seo sederhana dan ga susah namun sering terlupakan.Inilah bagian dari seo yang mungkin banyak terabaikan.


Selalu gunakan alt pada tag img src dan JANGAN title,ini salah karena akan jadi kode yang tidak valid.


Selebihnya, bila perlu pakailah ukuran width dan height agar mesin pencari lebih spesifik dalam menggolongkan image anda tersebut.


Jangan lupa pakai kata yang berhubungan dengan keyword atau judul dari artikel tersebut.


Seperti bila artikel itu berjudul  “cara buat anyaman rotan” maka alt image bisa memakai kata “anyaman-rotan”  Hanya jangan berlebihan dalam melakukannya cukup dua sampai maksimal 3 kata.

Tips trik seo sederhana namun banyak terabaikan

1. Gunakan tag title bila menulis kode untuk link dan jangan memakai alt,sebaliknya yang diatas.Title tag ini akan ditunjukan ketika link itu di sorot/hover


2. Tambahkan rel nofollow untuk link external  seperti situs-situs web 2.0 misalnya atau sosial bookmarking yang lainnya


3. Hyphen adalah lebih baik dan lebih dikenali oleh mesin pencari daripada underscore  Jadi ketika menamai file atau membuat title tag atau juga alt tag gunakan hyphen, seperti contoh diatas dan jangan  underscore.


Misalnya gambarku-bagus.jpg atau alt=”gambar-contoh” Plus gunakan maksimum DUA hyphen,bila lebih maka bisa dikira melakukan keyword spamming.


4. Usahakan nama file dibuat berhubungan dengan judul artikel


5. Seimbangkan indexing situs kita.Pilih antara tag atau kategori yang ingin di index dan jangan keduanya dan juga jangan jadikan semua nofollow namun pilih salah satunya.


Untuk arsip bulanan bahkan tahunan pastikan halaman itu no-index dan no-follow.Alasan utama dari semua ini apalagi kalau bukan mencegah duplikasi konten 


Seperti bila kita baru saja menulis artikel berjudul “Jagoan Neon” maka URL situs untuk postingan itu ada banyak :

1.http://situs.com/jagoan-neon/  (ini URL Utama/sebenarnya/canonical bila memang permalink di setting %postname%

 2.http://situs.com/kategori/jagoan-neon/ (ini URL untuk arsip kategori)

 3.http://situs.com/2011/11/jagoan-neon/ (ini URL arsip bulanan)


Belum ditambah dengan tag entah jadi berapa banyak url itu jadinya sedangkan konten/isinya ama yaitu satu artikel.


Ketika di satu sisi index adalah pertanda baik bahwa situs kita telah di jelajahi mesin pencari namun membiarkannya over indexing dengan mempersilahkan mesin pencari mengindex “halaman semu” yang bukan halaman utama si url tadi hanya akan membuat situs kita di taruh di belakang dalam hasil pencarian bahkan PR yang ada pun bisa drop karena terbagi pada halaman semu tadi hanya karena tidak diberi tag nofollow.


Wajar jika situs sebesar facebook mempunyai jutaan halaman yang terindex mengingat traffic dan usernya banyak namun melihat index berjumlah ratusan ribu untuk ukuran blog saya pikir bukan pertanda baik.


Meskipun kslian adalah seorang publisher yang peduli dengan index index an tetap saja harus menyeimbangkan tentunya.


6. Gunakan excerpt selalu.

Okelah bila ada satu postingan di pajang sepenuhnya di homepage misalnya artikel yang baru saja dipublish atau yang memang sticky tidak di excerpt alias ditampilkan full.


Namun untuk halaman arsip,kategori arsip dan tag harus di excerpt.Homepage juga bagusnya excerpt semua.

Bila males buat excerpt untuk tiap artikel (saya juga males  ) dan template anda tidak mendukung fungsi ini maka bisa gunakan plugin excerpt editor yang akan membuat excerpt untuk masing-masing artikel.

Alasan tentang excerpt ini sama dengan diatas yaitu untuk mencegah duplikasi.

LihatTutupKomentar