Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Cara Agar Blog Load Lebih Cepat

Blog || Loading adalah waktu yang dibutuhkan oleh sebuah situs atau website untuk terbuka sepenuhnya, sehingga visitor bisa melihat isi daripada situs tersebut.


Saat membuat sebuah site jangan hanya tampilan dan isi kontennya saja yang diperhatikan, tapi perhatikan juga kecepatan loadingnnya karena ini sangat mempengaruhi rank sebuah situs dimata pegunjung


Punya Blog yang Fast Respon atau blog yang load cepat menjadi dambaan setiap blogger karena dengan blog yang loadnya cepat akan meningkatkan kenyamana pengunjung.


Berapakah kecepatan ideal sebuah blog ?


Untuk kecepatan ideal sebuah blog adalah 0,8 detik, bisa dibilang itu paling cepat, sedangkan paling lambat adalah 5 detik


Banyak cara yang bisa kalian coba untuk membuat blog load lebih cepat atau fast respon.


Mungkin banyak diantara kalian sekalian  yang pasti  bertanya - tanya kenapa sih blog kita harus loadnya cepat ?


Jawabnnya tentu saja agar pengunjung kita demen dengan blog kita, agar pengunjung tidak pergi bergitu saja meninggalkan blog kita karena terlalu lama menunggu waktu blog terbuka


Apa kalian mau menunggu bermenit -menit saat membuka sebuah artikel ? Tentu saja tidak kan ? Karena itu kita harus membuat blog kita load lebih cepat


Tips Agar  Blog Load Lebih Cepat

Tips Untuk Buat Blog Load Lebih Cepat
Tips Untuk Buat Blog Load Lebih Cepat 

Berikut beberapa Cara agar Blog Load Lebih Cepat


1. Jangan Pasang  terlalu banyak gadget.


Jika mempunyai terlalu banyak gadget akan memakan waktu untuk loading sebuah blog karena sistem harus mengurai data yang banyak. Pastikan hanya gadget yang perlu dan berkepentingan saja diletakkan.


2. Header Pastikan Sesuai ( Size atau dimensi )


Header memainkan watak penting dalam sebuah blog. Boleh dikatakan header merupakan pengenalan pertama kepada sebuah blog. 


Walaupun begitu, penting untuk pastikan header yang digunakan dapat load dengan cepat, biasaannya bergantung kepada size gambar dan juga pixel header tersebut. Size header hendaklah pastikan sesuai dengan size blog kalian.


3. Jangan terlalu banyak gambar pada sidebar.


Terlalu banyak gambar pada sidebar juga menggangu waktu untuk loading sebuah blog. Biasanya untuk mempunyai 1-5 gambar pada sidebar boleh masih dianggap normal. 


Tetapi jika lebih dari itu diibanbangi akan mengambil waktu yang lama. Jika gambar yang diletakkan pada sidebar mempunyai link kepada website lain, biasakan untuk membuat link perkataan dibanding gambar, kecuali gambar penting yang dapat menarik perhatian pengunjung.


4. Entri jangan terlalu banyak gambar.


Ini merupakan antara masalah utama kenapa sebuah blog lambat loading.


Apabila sebuah blog dibuka, keseluruhan blog akan sempurna dibuka apabila keseluruhan entri dapat dibuka sepenuhnya untuk bacaan pengunjung. 


Cuma bayangkan sebuah entri mempunyai 3 keping gambar dibanding entri yang mempunyai 20 keping gambar. Sudah tentu entri dengan gambar yang sedikit akan dibuka dengan lebih cepat.


Walau bagaimanapun, ada setengah keadaan, bilangan gambar ini dikecualikan, terutama entri yang melibatkan pemahaman berkaitan gambar, senarai gambar (contoh top 20 amazing picture) dan jika web/blog tersebut memang berkaitan gambar seperti blog gosip artis.


5. Entri jangan mempunyai gambar yang terlalu besar (Size atau dimensi).


Ada sebagian blogger yang menggunakan link dari gambar lain untuk dimasukkan ke dalam blognya. Pastikan gambar yang dimasukkan tersebut tidak bersaiz besar.


Contohnya kalian mengambil link gambar dari blog lain yang bersaiz 1000x200 pixel, kemudian kalain kecilkan menggunakan command width="300", ia tetap akan mengambil waktu yang lama untuk gambar tersebut berbanding kalian menggunakan gambar dengan size asal 300px.


6. Utamakan gambar berformat jpeg/jpg berbanding format lain.


Jenis-jenis gambar yang biasa dilihat adalah jpeg/jpg, gif, png dan bmp. Untuk gambar biasa, biasakan untuk save hasil kerja dan upload ke blog dalam format jpeg/jpg.


Jika melibatkan animasi atau transparent, barulah gunakan format png/gif.


Ini kerana, format jpg/jpeg memberi saiz gambar yang lebih kecil dibanding format png/gif dan seterusnya dapat mengurangi waktu untuk loading gambar.


7. Jangan terlalu banyak post pada halaman depan.


Apabila berada di halaman depan, sebuah blog akan load mengikut jumlah post yang ditetapkan oleh pemilik blog. Jumlah post pada halaman depan yang sesuai adalah antara 2 hingga 6 entri. 


Tidak perlu untuk meletakkan sampai 30 entri. Semakin banyak entri pada halaman  depan, semakin lama waktu untuk sebuah blog dibuka sepenuhnya.


Salah satu cara yang paling sesuai untuk menunjukkan entri terbaru adalah dengan menggunakan gadget 'recent post'.


Itu merupakan antara beberapa cara yang perlu dilakukan untuk memastikan sebuah blog dapat load dengan lebih cepat. 


Walaupun terdapat lagi beberapa perkara lain yang berkaitan, tips yang dinyatakan di atas bolehlah dikatakan sebagai ideal untuk diikuti.


Dan jika diperhatikan, separuh daripada point yang dinyatakan melibatkan penggunaan gambar dalam sesebuah blog. 


Oleh itu, penting untuk diambil berat perkara yang melibatkan gambar seperti saiz gambar, jumlah gambar dan format gambar.


Dengan mengaplikasi beberapa tips ini, mungkinan jika tiada masalah yang berkaitan, sebuah blog akan dapat load dengan lebih cepat di banding biasanya.

LihatTutupKomentar