Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Jenis Dan Manfaat Social Bookmarking

Blog || Kalian pasti sudah tau apa itu social bookmark kan? Bagi kaum Milenial ataupun para blogger pasti tidak asing dengan kata ini. Layanan social bookmark merupakan sebuah alat yang efektif untuk men-submit konten-konten yang ada di blog kita sehingga lebih mudah untuk diketahui/ dibaca oleh public, contohnya Digg, Delicious, dan Stumbleupon. 


Social Bookmarking merupakan salah satu Cara  search engine Optimization  ( seo ) yang bisa mengongkrak traffick atau jumlah visitor ke sebuah blog atau situs website


Ketika URL blog kita sudah terdaftar di situs social bookmark, maka public dapat dengan mudah men-follow blog kita. Kemudian apa saja sih keuntungan atau manfaat mendaftarkan blog kita ke layanan social bookmark? Secara umum manfaat social bookmark adalah tentang


Jenis Social Bookmarking


  1. Sosial Bookmarking Umum
  2. Sosial Bookmarking Edukasi
  3. Sosial Bookmarking Berita


Sesudah kalian  mengetahui apa yang dimaksud dengan social bookmarking,social bookmarking pada intinya terdiri jadi tiga jenis yakni umum, edukasi dan berita. Ketiganya bisa digunakan pemilik blog buat mendongkrak status hasil penelusuran pada search engine.


1. Social Bookmarking Umum.


Pemakai bisa mem-bookmark document situs ke grup tertentu lalu berbagi ke pengguna lain. Mereka bisa juga melihat bookmark pengguna lain dalam grup sejenis. Banyak fungsi luar biasa dapat diraih pengguna, termaksud hemat waktu pencarian di mesin pelacak serta jumpai beragam situs unik yang atraktif.


2. Social Bookmarking Edukasi.


Social bookmark edukasi focus pada bermacam aktivitas akademis serta penelitian. Hadirnya layanan ini justru mempermudah murid serta guru yang ingin menambah pengetahuan akademik. Beberapa guru dapat mendapati situs edukatif di Internet, selanjutnya dibagikan kepada murid. Mereka bisa juga melihat ulang situs hasil bookmark pengguna lain pada subjek yang sama.


3. Social Bookmarking Berita.


Social bookmark berita dipenuhi bermacam kabar terkini yang sengaja diletakkan oleh pengguna lain. Situs serta artikel yang berisi kabar paling baru bisa dijumpai pada web -web berita. Pengguna tak sekadar membaca kabar serta memperoleh informasi, tetapi ikut diperbolehkan berpartisipasi dalam voting supaya jadi headline alias viral topic. 


Hadirnya social bookmarking khusus berita mempermudah pengguna internet mendapati kabar atau topik terbaru yang ramai dibahas masyarakat.


Manfaat Social Bookmarking

Yuk Cari Tahu Manfaat Social Bookmarking
Manfaat Social Bookmarking


Menambah trafik atau jumlah pengunjung situs

Manfaat pertama ini amat sesuai buat kalian yang punyai blog yang diprioritaskan buat menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya. Apabila kalian mensubmit/mengirim sebuah artikel ke social bookmark, jadi kalian dapat menautkan alamat URL situs kalian ke artikel tersebut.


Mendapatkan Backlink Gratis


Pada biasanya blog social bookmarking mempunyai sifat do follow link, yang berarti mesin telusur seperti Google dapat memperhitungkan link ini hingga alamat situs kalian lebih diakui oleh Google. 


Pagerank tinggi yang dipunyai blog social bookmarking bisa menjadi fasilitas mendapati back-link gratis buat mempopulerkan situs kalian . Sehingga rajin-rajinlah kalian mensubmit artikel terbaru kalian sewaktu selesai posting di website kalian. Memang dibutuhkan ketekunan yang tinggi.


Artikel Postingan Dapat Cepat Terindeks Oleh Search Engine


Perlu dibutuhkan waktu beberapa hari biar artikel baru yang kalianposting terindeks oleh mesin telusur Google. Akan tetapi adanya blog social bookmarking, cuma diperlukan waktu beberapa saat saja agar artikel kalian terindeks di mesin telusur Google.


Meningkatkan SERP


Dalam pertarungan di dunia SEO, beberapa webmaster bertarung keras biar websitenya menempati halaman hasil penelusuran no 1. SERP atau arti ringkasnya halaman hasil penelusuran sebagai tanda kwalitas keserasian hasil pencarian dengan kata kunci.


Dengan mensubmit artikel dalam web social bookmarking, pemilik blog bakal memperoleh keuntungan high quality back-link serta kekuatan tambahan pengunjung yang akan berakibat pada kenaikan SERP atau search engine rangking position di serp engine. Ini yakni tujuan yang terpenting dari aktivitas social bookmarking


Layanan promosi gratis produk yang Kalian jual.


Kegunaan yang lain penting keberadaannya buat pebisnis online yakni dapat mempromokan produk Kalian di Social Bookmark  dengan gratis. Sebetulnya banyak media promo yang bisa kalian memanfaatkan. Namun Social Bookmark punyai keunggulan tertentu. Yakni: gratis serta jangkauan luas.


Ini merupakan strategi promosi yang sangat bagus , terutama bagi kalian yang memiliki blog tentang menjual produk atau toko online.  


Media Yang Tepat Untuk Membuat Personal Branding


Jangan lupa Facebook, Twitter, dan Google+. Meskipun pada dasarnya bukan termasuk ke dalam situs sosial bookmark, ketiga situs ini selalu menjadi tujuan utama para blogger untuk mempromosikan blognya.


Facebook serta Twitter Social bookmark yang dapat dibuktikan bermanfaat dalam proses pembangunan personal branding. Dua situs itu amat memenuhi prasyarat terciptanya jaringan pemakai internet luas yang dapat mengikut tiap pertimbangan kalian. 


Facebook dengan pagerank 9 jadi demikian baik dalam membuat penilaian masyarakat pada satu masalah yang lagi berkembang dalam masyarakat. Kalau kalian bisa manfaatkan event ini serta memberi jalan keluar perpecahan problem, bisa saja branding kalian lebih berkilau.


Lifetime Bookmark


Seperti udah diperjelas sebelumnya, Satu diantara fungsi dari social bookmark yang bisa diraih konsumen yakni penggunaan situs bookmaring ini bakal mengurangi efek hilangnya situs yang di bookmark pada situs browser. 


Menjadi tempat untuk para pengguna internet untuk menyimpan alamat web yang mereka sukai adalah ide awal mula dari pembuatan situs bookmark


Sedangkan manfaat lainnya merupakan turunan dari manfaat  tersebut yakni sebagai berikut :


Pengguna internet tertentu sering melakukan bookmark terhadap halaman web untuk memudahkan akses di masa mendatang serta sebagai referensi.

 

Akan tetapi komputer memiliki keterbatasan jumlah tempat menyimpan untuk mem-bookmark halaman-halaman web tersebut, sehingga ada batasan seberapa banyak halaman web yang dapat di-bokkmark oleh pengguna.


Sebuah alternatif, yang sekarang banyak digunakan, adalah dengan menggunakan social bookmark. Ini adalah cara sederhana untuk menyelamatkan dan menjaga halaman web di sebuah lokasi online untuk mudah digunakan atau untuk berbagi sewaktu-waktu di masa mendatang.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, bookmark telah menjadi bagian integral dari optimasi mesin pencari, karena mudah memberikan link balik (backlink) bagi pengguna. Akibatnya, Page Rank dari blog Temen-temen pun akan meningkat di mesin pencari. 


Situs-situs social bookmark tersebut membuat link daftar website, dan membuat mereka menjadi mudah dicari. Beberapa dari situs social mengharuskan pengguna mentransfer biaya registrasi, tapi untungnya banyak yang menawarkan jasa social bookmark dengan gratis.


Menggunakan layanan social bookmark akan membantu Temen-temen blogger meningkatkan peringkat blog Temen-temen di dalam mesin pencari (search engine), karena situs social bookmark akan men-submit blog Temen-temen ke situs lain banyak pada satu waktu. 


Tentu saja hal seperti ini sangat menguntungkan bagi kita para blogger yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengirimkan blog kita sendiri. Strategi ini benar-benar sederhana dan mudah dilakukan, namun seperti kebanyakan hal, dapat memakan waktu lama jika Temen-temen melakukan sendiri


Social bookmark merupakan salah satu dari berbagai metode yang terbaik untuk mendapatkan backlink dan meningkatkan traffic blog kita. Kabar baiknya lagi ni Temen-temen, backlink yang kita dapatkan dari situs social bookmark adalah merupakan one-way link yang memiliki nilai yang lebih tinggi di mata search engine dibandingkan dengan two-way link reciprocal 


Semakin tinggi kualitas backlink yang mengarah menuju halaman blog Temen-temen, maka akan semakin meningkat pula penilain pagerank oleh search engine. Hal ini selanjutnya akan berdampak pula pada traffic blog yang semakin meningkat yang menjadi blog Temen-temen menjadi bernilai tinggi.


Jumlah pengunjung blog kalian akan tumbuh lebih cepat ketika kalian memanfaatkan layanan social bookmark. Seketika ketika blog kalian terdaftar dalam situs social bookmark, yang ditempatkan pada kategori yang spesifik, maka pengguna internet dapat lebih mudah menemukan blog kalian melalui link yang terdapat pada situs social bookmark tadi.


Dengan advertising, strategi ini juga dapat membantu mengembangkan suatu hubungan yang kuat antara kalian blogger dengan pengunjung blog. kalian blogger dapat dengan mudah menyebarkan berita tentang konten yang dimiliki oleh blog kalian, apalagi jika blog kalian merupakan sebuah saran bisinis seperti misalnya toko online. 


Hal ini memberikan manfaat untuk menjaring konsumen potensial. Oleh karena orang-orang lebih suka menjalankan bisnis bersama orang-orang yang dipercaya, strategy social bookmark dapat menjadi senjata yang efektif untuk membuka peluang bekerjasama dengan orang-orang yang memiliki persamaan interest dengan kalian.


Dengan menyediakan informasi yang relefan dan bermanfaat kepada pengunjung, social bookmarking akan membantu kalian meningkatkan brand awareness, yang menjadikan  blog kalian menjadi lebih mudah dikenal oleh pengguna/ pengunjung situs social bookmark.

 

Ini merupakan strategi promosi yang sangat bagus , terutama bagi kalian yang memiliki blog tentang menjual produk atau toko online.  


Saya hanya sekedar memberikan sedikit gambaran tentang seberapa besar manfaat yang dapat Temen-temen dapat dari penggunaan layanan social bookmark 😁😁😁


Bagaimana? kalian  tertarik menggunakan layanan social bookmark? 

Oh iya,, berikut juga saya sajikan beberapa situs social bookmark yang paling terkenal.

  • Delicious 
  • mayspace.com
  • Digg 
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Pinterest 
  • lintat.me
  • infigue.com


Selamat ber-social bookmarking Teman-teman,,,  

LihatTutupKomentar