Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Cara Meningkatkan PageRank Blog

Blog - Sekilas tentang pengertian PageRank atau kita biasa menyingkatnya dengan PR adalah sebuah nilai numerik yang mewakili seberapa penting page tersebut di web.


Pagerank Google memandang bahwa bila suatu halaman web bertaut ke halaman web yang lainnya ini berarti si halaman yang bertaut memvoting si halaman yang tertaut dan memberi nilai “penting”. makanya pagerank sangaat penting


Semakin banyak vote yang di terima halaman tersebut  maka semakin pentinglah keberadaan halaman itu dan tentunya mesin pencari pun menaruh perhatian lebih sehingga pagerank kita bisa naik


Pagerank Juga bisa sebaliknya, pentingnya si halaman yang menerima vote tersebut ditentukan oleh seberapa pentingnya votingan tersebut,ya dengan kata lain tergantung si halaman yang memberi voting.


Google mengkalkulasikan “pentingnya” suatu halaman web dari berbagai voting yang diterima si halaman tersebut.


Mengenai seberapa pentingnya voting itu kemudian di simpan ke dalam akun Google sendiri dan kemudian mengkalkulasikannya.


Pengertian PageRank

Sekilas Tentang Pengertian Pagerank

PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin. 


PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting atau popular (Fary SJ Oroh).


PageRank adalah cara Google memutuskan seberapa besar tingkat “pentingnya” suatu halaman web.

Hal ini memang perlu kita perhatikan karena menentukan peringkat suatu halaman web untuk muncul di halaman teratas dalam SERP.


Meskipun ini bukanlah satu-satunya faktor bagi Google dalam memutuskan pentingnya sebuah halaman web,namun inilah faktor yang paling penting,PageRank!


Perlu di garis bawahi juga bahwa Google memfilter link yang terdeteksi dari sebuah situs yang telah dikenal sebagai tempat melakukan link farm.


Beberapa link dari situs tersebut dapat menyebabkan situs yang ngelink jadi kena tendangan 12 pas.


Hal ini merujuk pada perkiraan bahwa seorang pemilik situs tak bisa mengontrol situs mana saja yang ngelink ke situsnya,namun dia bisa mengontrol situs mana yang dia tauti (outbound link).


Maka atas dasar alasan ini,tautan terhadap sebuah situs takkan membuat “sakit” situs kita namun tautan dari sebuah situs bisa berbahaya dan menyakiti jika tautannya dapat menyebabkan kita di penalti sama om Google.


Maka haruslah berhati-hati,situs mana saja yang anda tauti.


Jika situs tersebut punya PageRank 0,mungkin situs itu masih baru namun setelah diselidiki ternyata hampir setahun usianya maka kemungkinan besar telah diacuhkan sama om Google alias kena penalti dan ataupun boleh jadi karena sang pemilik situs tidak begitu tahu cara membangun link yang baik dan benar.


  • Lalu bagaimana cara kerja PageRank?


Sebuah blog yang mempunyai PR 6 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada blog yang mempunyai PR5 dan seterusnya yang lebih kecil.


PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan jumlah inbound dan outbound link.


Tingkat/ skala populer di sini maksudnya adalah banyaknya link masuk (ke blog kita) dari blog/ situs lain atau biasa kita sebut backlink.


Sebuah halaman akan dianggap penting oleh Google jika halaman tersebut memiliki link masuk dari halaman blog/ situs lain. 


Sebuah halaman juga dianggap penting jika ada halaman lain dengan PR yang tinggi mengacu pada halaman tersebut. Hadu,,bingung ya? Hehe sama.


Apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan PageRank?


Cara Meningkatakan PageRank


Meninggalkan link di blog dofollow PR yang lebih tinggi (cara termudah,ya meninggalkan komentar)


Hindari copy-paste content blog lain yang ber-PR lebih tinggi. (Jika ada 2 blog/ website yang memiliki konten yang sama, Google akan memprioritaskan blog/ website yang ber-PR lebih tinggi)


Cek adanya broken link dalam blog teman-teman. (Broken link akan membuat Google kesulitan mengindeks halaman blog). Temen-temen bisa memakai tool Broken Link Checker pada menu bar Tutorial Blog di atas.


Sisipkanlah internal link berkesinambungan dalam setiap postingan. (Dalam satu posting A terdapat link yang menuju ke posting B. Dalam posting B terdapat link yang menuju ke posting C, begitu seterusnya sampai posting Z terdapat link yang kembali ke posting A)


Optimalkan kecepatan loading blog temen-temen.


Pakai domain Blogspot, karena domain Blogspot sepertinya lebih diperhitungkan Google daripada domain Wordpress.


LihatTutupKomentar