Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Penting dalam Memilih Web Hosting

5 Hal Penting dalam Memilih Web Hosting - Memilih web hosting tidak bisa sembarangan. Ada hal-hal penting yang harus kita ketahui jika ingin memilih web hosting.

Untuk setiap bisnis yang kinerjanya tergantung pada internet, wajar jika perlu memiliki web hosting yang baik. Sebuah website amat bergantung pada layanan web hosting yang ditempatinya. Sebuah website juga bergantung pada sebagian besar server web yang tersedia dalam web hosting tersebut.

5 Hal Penting dalam Memilih Web Hosting


5 hal penting berikut bisa kita pertimbangkan jika kita ingin memilih web hosting.

1. Web hosting harus memiliki dukungan teknis


Sebuah web hosting semestinya memiliki dukungan teknis yang berisi tim ahli yang selalu siap untuk menanggapi kalau-kalau sesuatu terjadi pada website klien. Selain staf yang terlatih, staf dukungan teknis juga perlu ada dalam waktu 7 X 24 jam, karena pekerjaan paling penting dari setiap perusahaan web hosting adalah memberikan dukungan teknis kepada pelanggannya.

2. Cepat merespon setiap permasalahan


Sebuah web hosting yang baik tentunya dapat merespon dengan cepat setiap permasalahan yang disampaikan klien-nya, baik melalui panggilan telepon, SMS ataupun email. Rekan dapat mengukur waktu respon dari sistem dukungan pelanggan dengan melihat efektivitas komunikasi dan kualitas yang diberikan. Rekan juga harus melihat efektivitas dari solusi yang diberikan.

3. Tersedia halaman FAQ dan tutorial


Halaman FAQ, tutorial, forum, dan lain-lain seperti self-help sistem juga harus tersedia dalam perusahaan web hosting. Ini berguna jika kita ingin mendapatkan informasi terkait layanan dan bantuan yang diberikan.

4. Punya pelanggan besar


Pertimbangan ini sebenarnya sangat individual. Ada sebagian orang memilih web hosting yang memiliki jumlah pelanggan besar. Dengan jumlah pelanggan besar, artinya web hosting tersebut terpercaya. 


Tapi lain orang berpendapat bahwa web hosting yang punya banyak klien, lebih berat servernya. Itu karena pengguna satu dengan pengguna lainnya berebut menggunakan server yang sama dari web hosting tersebut. Tapi ini tergantung dari tingkat kepercayaan pelanggan itu sendiri ingin memilih yang mana.

5. Uptime cepat


Masalah uptime tidak bisa ditawar lagi. Web hosting yang baik setidaknya memiliki uptime 99,9% dan tidak sering down.

Bagaimana Cara Memilih Hosting Berkualitas?


Memilih hosting berkualitas memang gampang-gampang susah. Dewasa ini banyak penyedia layanan hosting yang semuanya menawarkan harga murah sekaligus menyebut dirinya hosting berkualitas. Bingung kan jadinya?


Bagaimana sih kriteria hosting berkualitas itu? Apakah memang harus yang mahal? Tidak juga kawan. Buktinya ada hosting yang murah tapi punya kualitas yang bagus, seperti yang sekarang saya gunakan. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa hosting yang terbilang mahal tetap mempunyai kualitas yang oke.


Bicara soal kualitas bisa mencakup banyak hal, di antaranya adalah stabilitas server dan jaringan atau konektivitas. Dengan stabilitas yang baik dari segi hardware, software dan jaringan, akan membuat nyaman dan cepatnya sebuah website diakses. 


Dari sinilah akan kelihatan sebuah layanan webhosting itu menyediakan server yang baik atau tidak. Jika server baik, maka website yang dibawanya akan berjalan baik. Sebaliknya, jika server sering bermasalah, tentu akan berpengaruh buruk terhadap website yang berada dalam jaringannya.


Dampak yang kelihatan dari sebuah website yang berasal dari server yang bermasalah (tidak stabil) adalah website tersebut menjadi susah diakses. Website yang susah diakses tentu susah juga dalam mencari ranking yang baik di mata mesin pencari.


Contohnya, ada sebuah website yang sudah berjalan beberapa bulan dan sudah berhasil menduduki halaman pertama di Google, tapi tiba-tiba merosot peringkatnya gara-gara server hostingnya sering down.


Maka, pintar-pintarlah memilih hosting. Sekali salah memilih hosting, akan berakibat petaka. Kalau sudah dapat petaka, kita harus capek-capek pindah hosting, yang berarti juga harus capek-capek memindahkan semua isi file website. Hmm, menambah beban kerja saja.


Sekarang mari kita lihat bagaimana cara memilih hosting berkualitas. Simak cara-cara di bawah ini:

Pertama, baca fitur dan kapasitas yang ditawarkan.


Fitur dan kapasitas yang ditawarkan dalam paket-paket hosting itu apakah sesuai dengan harganya? Jangan-jangan harga hanyalah sebuah taktik untuk pemasaran saja, sedangkan fitur-fiturnya tidak seperti yang dijanjikan. 

Di sini kita harus tahu bahwa harga berbanding lurus dengan fitur dan kapasitas yang ditawarkan. Dan itu berarti bahwa harga yang mahal tetap diikuti oleh fitur dan kapasitas yang seimbang.

Yang kedua, support.


Sebuah support yang baik sangat dibutuhkan oleh layanan webhosting dalam waktu 7×24 jam, baik dari segi technical support maupun saran. Ditambah lagi dari segi maintenance server yang digunakan untuk menjaga stabilitas server tersebut. Jika sebuah layanan webhosting tidak disertai support yang baik, bagaimana kita bisa mengatasi jika ada permasalahan?

Yang ketiga, legalitas dari webhosting itu sendiri.


Sebuah layanan webhosting yang baik mestinya menyertakan alamat keberadaannya. Telusuri layanan webhosting itu, apakah di sana menyertakan alamat kantor, nomer telepon dan sebagainya.

Yang keempat, umur webhosting.


Amatilah sudah berapa lama webhosting itu berdiri. Umur sebuah webhosting juga menentukan sebuah kualitas. Ada baiknya memakai jasa webhosting yang sudah beroperasi lama. Lebih baik lagi kalau webhosting itu punya nama domain yang berpagerank tinggi. Pasti website anda akan ikut populer.


Masih bingung memilih hosting berkualitas? Jika rekan sedang mencari webhosting dengan segala fitur-fitur seperti di atas, cobalah berkunjung ke JogjaHost. Anda akan mendapatkan apa yang anda cari.