Cara Pindah Hosting untuk Blog WordPress Paling Cepat

Cara Pindah Hosting untuk Blog WordPress Paling Cepat - Berikut saya akan mengulas cara pindah hosting untuk blog WordPress paling cepat dan tidak ribet. Cara memindahkan file WordPress ke hosting baru ini tidak memakan waktu lama dan tidak menyebabkan error.


Apa yang terpenting saat pindah hosting adalah sebaiknya jangan dulu merubah domain name server (dns) ke server baru. Kalau anda terlanjur merubah dns domain ke server baru, sementara file-file website masih berada di hosting lama, maka website tidak akan bisa diakses alias error, dan ini bisa mempengaruhi hilangnya pengunjung. Yang buruk lagi kalau mempengaruhi SEO.

Cara Pindah Hosting untuk Blog WordPress Paling Cepat


Umumnya, proses perpindahan hosting memakan waktu 3 hari sampai betul-betul sinkron. Untuk itu sebaiknya biarkan dulu name server domain mengarah ke server lama sampai anda selesai memindahkan semua file website.


Untuk memindahkan file WordPress ke hosting baru, berikut ini caranya:


1. Back up dulu semua data website di hosting lama. Caranya masuk ke menu BackUps, lalu lakukan backup untuk home directory dan database anda. Untuk lebih jelasnya coba baca cara membackup file website di hosting.


2. Setelah semua file terbackup dan terdownload ke komputer, lakukan ekstrak. Kemudian compress folder wp-admin, wp-content dan wp-includes menjadi folder berbentuk .zip.


3. Selanjutnya login ke hosting baru. Cara untuk masuk ke hosting baru bisa menggunakan alamat IP hosting. Anda bisa menanyakannya ke admin tempat anda menyewa hosting.


4. Setelah berhasil masuk ke hosting baru, upload-lah file-file WordPress yang tadi di-compress seperti wp-admin.zip, wp-content.zip dan wp-includes.zip. Jangan lupa upload file-file WP lainnya.


5. Selanjutnya membuat database MySQL di hosting baru. Database ini harus sama dengan yang pernah dibuat di hosting lama. Atau kalau ingin merubahnya juga bisa. Tapi anda harus merubah isi file wp-config.php, seperti database name, username dan password sesuai dengan data-data yang dibuat di MySQL Databases di hosting baru.


6. Setelah selesai membuat database, pindahkan file database lama ke database baru. Caranya masuk ke PhpMyAdmin, lalu klik nama database yang tadi dibuat. Di sana belum ada tabel apa-apa. Klik pada tab Import. Tekan Browse untuk mencari file database yang tadi dibackup ke komputer. Setelah URL file tercantum, klik Go pada bagian bawah. Tunggu sampai proses import data selesai dan ada notifikasi kalau database sukses diimport.


Sampai di sini anda telah berhasil memindahkan semua file WordPress ke hosting baru. Selanjutnya rubah domain name server ke server baru. Perubahan ini tidak akan menyebabkan error ketika pengunjung mengakses website, karena pengunjung masih tetap disuguhi tampilan website dari hosting lama.


Proses peralihan ke server baru ini akan berlangsung dalam waktu sekitar 36 jam. Setelah masa terlewati, anda bisa menghapus semua file WordPress di hosting lama dan juga menghapus databasenya. Hapus juga nama email dan data-data lain yang pernah dibuat di hosting lama. O ya, sebaiknya waktu perpindahan hosting ini dilakukan sebelum kontrak di hosting lama habis. Ok, sampai di sini selesai sudah tutorial cara pindah hosting untuk blog WordPress.

LihatTutupKomentar