Tips Membuat Artikel yang Menarik

Tips Membuat Artikel yang Menarik - Setiap blogger pasti punya tips dan cara-cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca. Di antara kita mungkin banyak yang menulis artikel dengan gaya penyampaian yang unik dan diselingi dengan canda. Never mind. Selama artikel kita bisa diterima oleh pembaca, tidak salah menampilkan gaya bahasa kita sendiri.


Menulis di blog sebetulnya tidak hanya bagaimana menulis artikel yang seo friendly, tapi juga bagaimana membuat artikel yang mempunyai warna dan gaya tersendiri. Tips membuat artikel yang menarik kali ini saya tulis dengan lebih menonjolkan cara penyampaian artikel. Bagaimana gaya bahasa anda dalam menyampaikan artikel, bagaimana anda berinteraksi dengan pembaca dan lain-lain anda bisa mencoba hal-hal berikut.


Tips Membuat Artikel yang Menarik

Tips Membuat Artikel yang Menarik



Tips 1 – Sederhana


Sederhana maksudnya dalam membuat artikel kita bisa menggunakan bahasa yang sederhana, yaitu bahasa yang jauh dari kesan serius, kaku dan menggurui. Tahu sendiri bahasa-bahasa seperti itu malah membuat pembaca enggan. 


Pembaca bukanlah orang yang harus ditakut-takuti. Mereka akan pergi jika artikel yang dibacanya terlalu banyak jargon teknis. Artikel dengan bahasa santai justru akan membuat pembaca nyaman dan bisa mencerna apa maksud artikel kita.


Tips 2 – Interaktif


Jadilah interaktif. Maksudnya kita sebagai penulis harus bisa membangun sebuah komunikasi yang aktif dengan pembaca. Gunakan kata “anda” dan “kita” sebisa mungkin. Anda adalah panggilan yang menempatkan posisi pembaca dan penulis pada kedudukannya, namun bukan berarti menjarakkan diri. 


“Anda” mungkin bukan sebutan yang akrab, tapi sebutan ini akan lebih menghormati pembaca. Dan sebutan “kita” merupakan penghubung yang lebih akrab.


Bahasa yang komunikatif akan membuat hubungan antara pembaca dan penulis berjalan baik. Ajukan beberapa pertanyaan jika perlu agar pembaca bisa masuk dalam pembicaraan artikel kita.


Tips 3 – Informatif


Tulislah posting yang memberi manfaat pada pengunjung. Misalnya kita bisa memberikan tips tentang membeli tas kulit, tips merawat kuku dan sebagainya yang sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan. Kita bisa menampilkan artikel yang berisi kiat-kiat supaya pembaca lebih menemukan informasi yang bermanfaat pada blog kita.


Tips 4 – Jujur


Setiap orang pasti menyukai apa yang ada dalam dirinya. Menampilkan apa yang dia bisa, apa yang disenangi dan apa yang diketahui adalah lebih baik. Setidaknya anda tidak membohongi pembaca. Dan pembaca sangat senang dengan tulisan-tulisan yang jujur.


Itulah beberapa tips dan cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca. Jika anda punya pendapat lain, bisa ditambahi di kolom bawah. Saran anda akan sangat berguna.

LihatTutupKomentar