Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Antara Kategori Blog dan Tag Blog ?

Ketika saya berbicara dengan blogger pemula, saya ditanyai segala macam pertanyaan. Yang saya terima minggu ini adalah apa perbedaan antara tag dan kategori? Cara yang jelas untuk menjawab ini adalah dengan mendefinisikan keduanya, tentu saja, tetapi lebih dari itu, saya ingin menjelaskan mengapa Anda membutuhkan keduanya, bagaimana menamainya, dan bagaimana menampilkannya.


 Apa perbedaan antara kategori blog dan tag blog?

Apa Perbedaan Antara Kategori Blog dan Tag Blog ?

Memahami Perbedaan Antara Kategori dan Tag


Kategori dan tag membantu Anda mengatur situs web atau blog Anda dan membantu pengguna Anda menemukan informasi yang mereka inginkan. Kategori blog adalah topik yang Anda bahas di blog Anda. Daftar kategori Anda seperti daftar isi blog Anda. Kategori bersifat luas dan dapat mencakup topik yang lebih kecil dan lebih jelas (yaitu, tag). Judul kategori harus deskriptif dan dapat terdiri dari beberapa kata.


Tag lebih spesifik dan membahas item yang Anda diskusikan dalam posting blog tertentu. Sebuah tag biasanya hanya satu atau dua kata dan mencerminkan kata kunci atau poin dari artikel Anda. Jika kategori adalah daftar isi blog Anda, tag adalah indeks blog Anda. Misalnya, kategori untuk posting ini adalah Konten/Penulisan, Definisi, dan FAQ, tetapi saya juga menandainya dengan kata-kata yang menggambarkan konten saya: tentukan kategori blog, tentukan tag blog, organisasi blog, SEO, dan saran blogging.


Saat Anda masuk ke Blogging Basics 101, Anda dapat mengklik kategori (mis., Konten/Tulisan) untuk melihat semua artikel yang ditulis di bawah kategori tersebut. Namun, jika Anda ingin menemukan artikel yang berkaitan dengan topik tertentu, Anda dapat memilih untuk melakukan pencarian kata kunci. Di situlah tag artikel masuk. Dengan menandai artikel dengan kata kunci yang relevan, saya membantu Anda menemukan informasi yang Anda cari.


Tips Memilih Kategori dan Tag


Saat Anda memutuskan untuk menerapkan kategori dan tag, ada baiknya untuk mempertimbangkan bagaimana Anda ingin memberi label atau memberi judul pada mereka. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:


Organisasi adalah kuncinya. Alasan utama menggunakan kategori dan tag adalah agar pembaca Anda dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka inginkan. Saat Anda memilih nama untuk kategori Anda dan/atau menambahkan tag ke postingan, pertimbangkan bagaimana Anda akan menemukan informasi tersebut jika itu bukan blog Anda. Istilah apa yang akan Anda cari jika Anda ingin menemukan artikel ini? Gunakan istilah tersebut dalam kategori dan tag Anda.


Judul kategori bisa panjang (ish). Karena kategori mencerminkan topik yang dicakup artikel Anda, buatlah sedeskriptif mungkin. Judul kategori Anda dapat mencerminkan nada blog Anda atau ringkas. Misalnya, jika Anda memiliki blog percakapan dan menginginkan kategori untuk cerita lucu, Anda dapat menyebut kategori itu menurut saya lucu untuk menjaga aspek pribadi blog Anda. 


Sebaliknya, jika Anda ingin lebih SEO friendly atau ringkas, Anda bisa menyebut kategori Cerita lucu tentang kucing saya. Yang pertama tidak jelas, tetapi pembaca tahu apa yang diharapkan; yang terakhir lebih tepat. Keduanya baik-baik saja — Anda tahu apa yang tepat untuk blog Anda.


Tahu kapan harus berhenti. Kategori Anda harus cukup luas sehingga Anda tidak perlu memiliki daftar 50. Cari tahu apa yang paling sering Anda tulis dan buat kategori untuk topik tersebut. Segala sesuatu yang lain bisa masuk dalam kategori menangkap-semua Miscellaneous.


Tag pendek. Anda harus menggunakan tag yang panjangnya hingga tiga kata, tetapi tidak lebih. Tag juga harus menjadi kata kunci yang terkait dengan posting blog Anda karena mereka akan membantu mesin pencari dalam menemukan konten Anda. (Mereka bukan satu-satunya hal yang dicari oleh mesin pencari, jadi jangan berlebihan. Apa lagi yang dilihat oleh mesin pencari? Judul, judul, tautan, dll. Tag hanyalah sedikit tambahan.)


Hindari duplikasi. Cobalah untuk tidak menggunakan nama untuk tag yang sama dengan nama kategori Anda. Ini berlebihan dan dapat membingungkan pembaca Anda.


Cara Menampilkan Kategori dan Tag


Menampilkan daftar kategori dan tag cukup mudah. Karena daftar kategori Anda adalah bagian dari navigasi blog atau situs web Anda, yang terbaik adalah menampilkan daftar kategori di bilah sisi Anda. Dari sana pembaca dapat mengklik kategori yang diminati dan melihat daftar semua artikel yang terkait dengan kategori tersebut.


Karena setiap posting Anda kemungkinan akan memiliki lebih dari satu tag, daftar tag Anda mungkin secara eksponensial lebih besar dari daftar kategori Anda. Hasilnya adalah tidak perlu mencantumkan tag Anda di sidebar Anda. 


Jika Anda memiliki widget pencarian untuk blog Anda (dan Anda harus melakukannya; jika tidak, pergilah ke Widgetbox dan dapatkan satu), ketika pembaca mencari kata kunci, posting bertag Anda yang relevan akan muncul di hasil. Atau, jika Anda ingin memamerkan tag populer yang Anda gunakan, Anda dapat menggunakan tag cloud di sidebar Anda. 


Tag cloud adalah gambar yang mencerminkan tag yang Anda gunakan di seluruh blog Anda. Tag yang lebih populer atau lebih sering digunakan dalam posting Anda lebih besar daripada tag yang kurang populer. Anda dapat membuat tag cloud Anda sendiri di Wordle.net.


Jika Anda tidak menggunakan kategori dan tag sekarang, saya mendorong Anda untuk melakukannya. Ini adalah alat organisasi yang mudah untuk diterapkan dan akan membantu pembaca Anda (dan mesin telusur) menemukan konten Anda dengan cepat dan mudah.