Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hard Disk IDE, ATA, SATA, dan SSD yang Sebaiknya Anda Tahu

Seperti yang kita tahu, Hard disk merupakan salah satu perangkat keras dalam komputer atau laptop yang punya peran amat vital. Hard disk drive atau HDD ini berfungsi sebagai media penyimpanan data secara digital. Hard disk mempunyai beberapa tipe, antara lain HDD IDE, HDD ATA, HDD SATA dan HDD SSD. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai perangkat keras yang satu ini, berikut kami bagikan ulasan mengenai pengertian dari masing-masing jenis di atas.

Jenis-jenis Hard Disk serta Pengertiannya

Pengertian Hard Disk IDE, ATA, SATA, dan SSD yang Sebaiknya Anda Tahu

Hard Disk Drive IDE

IDE disini memiliki kepanjangan Integrated Drive Electronics. Jenis hard disk ini merupakan jenis hard disk yang paling tua. Dikeluarkan oleh pabrikan Western Digital pertama kali pada tahun 1986. Kala itu, sistem antar muka hard disk ini masih sangat standar dengan menghubungkan antara disk storage dengan motherboard. Jenis hard disk ini umumnya sudah terintegrasi dengan floppy drive dan CD drive. Kabel penghubung hard disk IDE disebut PATA (Parallel Advanced Technology Attachment).

Hard Disk Drive ATA

Hard disk drive tipe ATA (Advanced Technology Attachment) merupakan penerus perjuangan HDD IDE di kancah media penyimpanan. Hard disk dengan tipe ini menyambungkan antara motherboard dengan hard disk, CD/DVD ROM menggunakan sebuah sistem penghubung yang disebut parallel.

Perkembangan hard disk teknologi ATA sangat pesat. Standar terakhir yang dianut ATA sebagai teknologinya yang paling baru kala itu yaitu tahun 2001. Fiturnya dilengkapi dengan penambahan kecepatan transfer data yang mencapai 133 MB per detik dengan 16 bit parallel nya.

Hard Disk Drive SATA

Hard disk drive SATA (Serial Advanced Technology Attachment) merupakan generasi lanjutan dari hard disk drive ATA. Kabel powernya dilengkapi dengan 15 pin dengan daya 250 mV dan penambahan kecepatan bandwith hingga 150 MB tiap detiknya. SATA mempunyai fitur hot swap yang mampu menyala dan mati tanpa harus menunggu perintah shut down dari komputer. Hard disk jenis ini saat ini masih dan banyak diterapkan dalam komputer dan laptop masa kini.

Hard Disk Drive SSD

Hard disk drive SSD (Solid State Drive) merupakan teknologi hard disk paling baru sampai saat ini. Proses input dan output yang diusung oleh HDD tipe ini sangat cepat dan lebih canggih dari ketiga tipe teknologi hard disk pendahulunya. Hard disk ini tidak memiliki bagian yang mekanik seperti pada hard disk tipe sebelumnya.

Oleh karena itu, HDD ini tidak akan menimbulkan suara bising ketika bekerja, proses memuat data lebih cepat dengan teknologinya yang berbasis DRAM, desain yang sederhana, ramping dan ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana (portabel), dan resiko lag, error, dan bad sector pada komputer dapat diminimalisir dengan hadirnya HDD SSD ini.

Itulah di atas ulasan mengenai pengertian hard disk dengan teknologi IDE, ATA, SATA, dan SSD  yang sebaiknya anda tahu. Semoga bermanfaat.