Website Instan

24 Faktor Menentukan Dalam SEO on-page

Keberhasilan sebuah situs menembus halaman pertama dalam mesin pencarian Google dapat ditentukan oleh banyak hal. Baik dari jumlah kompetisi, keunikan konten, hingga optimasi on-page dan off-page.

Pada tulisan kali ini akan dibahas secara khusus 24 faktor penting yang harusnya selalu ada ketika seseorang melalukan penulisan konten dengan tujuan SEO yang tertarget. (Exact & Phrase Keyword).

Setiap poin dibawah ini mengandung kegunaan masing-masing yang apabila digabungkan akan membentuk sebuah artikel berkualitas yang dikenal dengan baik oleh search engine, khususnya google.

Untuk mempermudah penjelasan, pada contoh kali ini adalah menggunakan WordPress berikut dengan plugin AllinOne SEO Pack / Platinum SEO):

Faktor Menentukan Dalam SEO on-page

24 Faktor Menentukan Dalam SEO on-page

1. Judul Mengandung Kata Kunci

Pastikan anda mengisi Judul (META TITLE) pada setiap konten anda. Karena Judul pada Meta Title ini yang akan terbaca oleh robot pencari sebagai berikut:

Isian bagian META TITLE pada plugin Platinum SEO/All in One SEO dsb:

2. Judul Dimulai Dengan Kata Kunci

Usahakan agar judul yang anda targetkan, berawalan dengan kata kunci yang anda bidik. Bila anda menargetkan kata kunci berkategori phrase atau exact hal ini sangat penting. Dengan kata kunci pada awalan judul akan membantu pencari menemukan kata kunci yang mereka cari secara tepat.

3. Judul Terdiri Dari Minimal 3 Kata

Pada bagian Judul (Meta Title) usahakan jangan sampai kosong! Karena hal ini sangat membantu mesin pencari untuk mengenali apa dan bagaimana topik artikel anda.

4. Judul Terdiri Dari Maksimal 65 Kata

Maksimal Judul Meta Title yang ditampilkan oleh hasi pencarian dalam google adalah 60-65 Kata. Jangan menulis judul anda terlalu panjang karena judul tersebut akan terpotong.

5. Buat Settingan Permalink Pada URL

Bila anda pengguna WordPress, pastikan anda melakukan modifikasi pada permalinks anda. Apakah yang dimaksud permalinks? Secara default judul artikel anda adalah cara memperbaiki ponsel. Maka setelah anda melakukan publish/post, alamat website yang menuju pada artikel tersebut akan menjadi: www.situs-anda.com/folder1/G001X5486/02.html (kurang lebih demikian). 

Dengan melakukan modifikasi pada permalinks, maka judul anda akan jauh lebih dikenali baik oleh manusia maupun mesin pencari seperti berikut: www.situs-anda.com/cara-memperbaiki-ponsel.hmtl

Untuk memodifikasi permalinks agar dapat berfungsi seperti itu, anda dapat masuk kebagian Settings > Permalinks pada bagian dashboard WordPress anda. Lalu centang bagian Custom Structure, lalu ketikkan: /%postname%.html atau /%category%/%postname%.html

6. Meta Deskripsi Terdiri Dari 160 Karakter Maksimal

Meta Deskripsi adalah penjelasan singkat mengenai artikel yang bersangkutan ditunjukkan seperti gambar berikut. Pastikan anda mengisi Meta Deskripsi tidak terlalu panjang dan lebih dari 160 karakter.

7. Meta Deskripsi Mengandung Kata Kunci Didalamnya

Pastikan anda memasukkan kata kunci anda pada Meta Deskripsi untuk memperkuat kata kunci utama yang sudah terdapat pada judul (Meta Title)

8. Meta Deskripsi Dimulai Dengan Kata Kunci

Usahakan kata kunci utama anda diletakkan pada awalan penjelasan dalam Meta Deskripsi anda. Bila tak memungkinkan boleh juga ditengah-tengah sekitarnya.

9. Isi 2-4 Kata Kunci Utama, Kedua dan Ketiga Sebagai Cadangan

Apabila anda membidik Cara Memperbaiki Ponsel sebagai kata kunci utama anda. Pastikan kata kunci ini diisi pada kotak bagian Keyword yang tersedia pada fitur plugin Platinum SEO/AllinOne SEO Pack dsj. Letaknya tepat dibawah kotak isian Meta Description. 

Alangkah baiknya anda mengisi 2 – 4 Kata kunci cadangan lainnya seperti: Cara Servis HP, atau Memperbaiki HP. Kemudian isikan juga pada bagian Tag yang ada disebelah kanan panel artikel. Gambar:

10. Gunakan H1 Tag Yang Mengandung Kata Kunci

11. Pada awalan H1 Tag Gunakan Kata Kunci

12. Gunakan H2 Tag Yang Mengandung Kata Kunci

13. Gunakan H3 Tag Yang Mengandung Kata Kunci

H1/H2/H3 dapat menjadi penguat Judul yang ditulis didalam artikel anda. H1/H2/H3 adalah judul pada paragraf baru yang dipertebal tersendiri dalam bentuk judul baru terpisah. Oleh karena itu pastikan bahwa judul H1/H2/H3 terdiri dari kata kunci anda, bila artikel anda memang menargetkan kata kunci phrase/exact sebagai target anda. Letak pengaturan pada H1/H2/H3 ada pada bagian paragraft seperti yang tampak pada gambar dibawah ini:

14. Konten Paling Sedikit Berisi 300 Kata – kata

Usahakan panjang dari konten anda terdiri dari 300 kata-kata. Umumnya artikel yang berada pada peringkat 3 besar memiliki konten dengan jumlah kata mencapai 300-750 kata. Semakin panjang semakin bagus apabila ditunjang dengan konten unik yang bukan hasil copy-paste dari artikel orang lain.

15. Keyword Density atau Jumlah persentase kata kunci yang berulang minimal adalah 4 dalam 300 kata

Pastikan kata kunci yang anda bidik tersebar disetiap paragraf dalam artikel anda. Dan buat agar penyusunan dan penggunaan kata kunci tersebut terlihat natural. Penggunaan kata kunci yang terlalu berlebihan akan dinilai sebagai ‘keyword spoofing’ yang akan merugikan posisi artikel dan situs anda di mesin pencari.

16. Pergunakan kata kunci anda pada 50 – 100 kata pertama dalam artikel anda. (penting!)

Pastikan anda memasukkan kata kunci anda pada 50 – 100 kata pertama dalam artikel anda. Ini dapat membantu cara kerja dari Meta Deskripsi anda.

17. Konten terdiri dari gambar image

Hal ini penting untuk memasukkan konten dan situs anda pada hasil pencarian di google image. Oleh karena itu pastikan dalam setiap artikel minimal anda mempunyai satu gambar yang berhubungan dengan topik yang anda bahas.

18. Pada gambar image beri nama kata kunci anda, berikut pada bagian ALT-nya

Pastikan pada gambar yang anda tulis telah dinamai dengan kata kunci yang anda bidik yang juga diisi pada bagian ALT. Seperti berikut:

19. Konten terdiri satu kata kunci yang di Bold (huruf tebal)

Pastikan salah satu dari kata kunci anda yang tersebar didalam artikel anda telah di pertebal (Bold). Pada kode html dan robot pencari, mereka membaca kode sebagai <strong>kata kunci</strong>. Ini dapat memberi petunjuk pada robot mesin pencari bahwa kata tersebut adalah penekanan terhadap kata tertentu. Hal ini dapat membantu mempertegas kata kunci yang anda bidik pada mesin pencari.

20. Konten terdiri dari satu kata kunci yang di Italic (huruf miring)

Penjelasan fungsi dan cara kerja adalah sama seperti kata kunci yang di pertebal (Bold)

21. Konten terdiri dari satu kata kunci yang di Underline (garis bawah)

Penjelasan fungsi dan cara kerja adalah sama seperti kata kunci yang di pertebal (Bold)

22. Salah satu Kata kunci beri sebuah Internal Linking ke halaman lainnya

Pastikan agar kata kunci anda diberi internal linking (link menuju kehalaman lain yang memiliki artikel terkait yang berhubungan dengan kata kunci utama)

23. Salah satu kata kunci diberi sebuah External Link ke halaman orang lain

Usahakan agar salah satu kata kunci anda diberikan juga External (outbound) link ke artikel diluar situs anda. Anda tidak perlu melakukan hal ini pada semua artikel anda. Link jenis ini diharuskan apabila anda membangun situs penjualan produk. Sehingga link tersebut dapat diarahkan pada halaman produk disitus yang bersangkutan (misalnya Amazon) yang tentunya telah disisipi oleh kode afiliasi anda.

24. Letakkan kata kunci pada 50-100 kalimat terakhir pada artikel

Agar penyebaran kata kunci anda terkesan menyebar dan natural, pastikan anda memasukkan kata kunci anda pada 50 – 100 kata terakhir pada artikel anda.

Setelah memperhatikan ke 24 hal diatas, anda siap melakukan posting pada artikel anda karena semua hal diatas sudah mencakup hal yang diperlukan oleh mesin pencari untuk mengindex dan memasukkan artikel anda pada posisi yang lebih baik. 

Selanjutnya tinggal bagaimana anda memperkuatnya dengan bantuan Backlink dari situs lain. Penjelasan mengenai hal ini akan dibahas pada tulisan lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
https://www.profitablegatetocontent.com/wrgugwkw?key=3efb39b80bcc6b4ece3da6e4822d0cbe