Website Instan

Beberapa Istilah dan Perintah Dasar Pada Komputer

Beberapa Istilah dan Perintah Dasar Pada Komputer Ada beberapa istilah dan perintah yang sering disebut dan digunakan dalam pengoperasian sistem operasi berbasiskan windows, perintah - perintah ini memiliki fungsi dantugasnya masing - masing. diantaranya yaitu :

Beberapa Istilah dan Perintah Dasar Pada Komputer 

Beberapa Istilah dan Perintah Dasar Pada Komputer

Welcome Screen 

Pada saat pertama kali pengguna masuk ke Windows XP, akan muncul welcome screen atau layar pembuka. Pada layar tersebut bisa jadi terdapat beberapa nama pengguna komputer yang memiliki akses ke komputer tersebut, atau hanya terdapat 1 nama pengguna. 

Klik nama atau gambar yang berada di dekat nama tersebut untuk masuk ke sistem Windows XP. Ada kalanya untuk alasan kerahasiaan dan keamanan, pengguna menggunakan password atau kata sandi yang harus dimasukkan terlebih dahulu dengan benar sebelum masuk ke dalam sistem. 

Deskop 

Istilah ini digunakan untuk layar monitor yang dipenuhi dengan ikon-ikon yang mewakili program komputer, bisa juga diartikan sebagai tampilan dasar komputer.

File (berkas) 

File atau Berkas adalah  arsip yang disimpan dalam suatu media, yang terdiri dari kumpulan karakter, dan didokumentasikan dalam bentuk data digital oleh komputer. Format file ini bermacam-macam sesuai dengan jenis file yang disimpan. 

Contoh  format file gambar JPEG dan BMP dan untuk format MP3 file audio, untuk file berupa dokumen yaitu DC, dan masih banyak lagi. Penulisan file dan formatnya dipisahkan oleh sebuah tanda titik (.), contoh penulisan file :Myfile.doc, dimana ’Myfile ’ adalah nama dari file tersebut.

Folder (direktori) 

Beberapa Istilah dan Perintah Dasar Pada Komputer

Dikenal juga dengan nama direktori,adalah tempat untuk menyimpan file,adalah  suatu obyek yang dapat berisi beberapa dokumen atau file. Folder atau direktori ini dapat disamakan dengan Map yang digunakan untuk menyimpan beberapa dokumen.

Menu

Penuntun fasilitas antar muka yang tersedia pada suatu perangkat elektrionik dalam hal ini komputer, untuk mengarahkan pengguna dalam memilih proses yang akan dijalankan. menu dapat dipilih dan dibuka dengan mengarah kan pointer dan mengklilkya, maka menu tersebtu akan membuka file file yang ada didalamnya.

Icon (ikon) 

Icon adalah Lambang kecil sebagai identitas dasri file atau folder,yang berfungsi sebagai jalan pintas atau menu untuk menuju suatu fungsi atau program. 

Start Menu 

Merupakan menu-menu yang akan ditampilkan oleh program saat tombol start yang terletak di bagian kiri bawah desktop ditekan.

Task Bar 

Batang yang memperlihatkan aplikasi yang sedang bekerja. Taksbar ini terletak dibagian bawah pada suatu laar komputer

Shortcut (jalan pintas) 

Sebuah lintasan yang lebih pendek daripada lintasan normal/formal yang menuju pada aplikasi atau metode tertentu dengan tujuan menghemat waktu dari langkah pengoperasian yang biasa. Biasnya ikon-ikon yang terdapat pada desktop merupakan shortcut untuk memanggil aplikasi tertentu. -

 Click & Right 

click (klik dan klik kanan) Merupakan operasi pada komputer dengan menekan tombol pada mouse satu kali. Klik kiri sering disebut klik saja yaitu penekanan tombol mouse sebelah kiri, dan klik kanan untuk tombol sebelah kanan. 

Double-click (Klik dua kali) 

Klik tombol mouse sebelah kiri dua kali dengan cepat, biasanya digunakan untuk membuka suatu file. 

Drag (menggeser) 

Klik obyek yang akan digeser atau dipindahkan, sambil menahan tombol mouse sebelah kiri, geser obyek tersebut ke tempat yang diinginkan. Tidak semua obyek bisa dipindahkan, contoh obyek yang dapat dipindahkan misalnya ikon pada desktop.

Pointer 

Pointer ataub indikator adalah tampilan mouse pada layar komputer, berupa tanda panah. Window (jendela aplikasi) untuk menunjukan posisi pada layar dekstop

Aplikasi/program dalam windows memiliki bingkai atau jendela masing-masing. Pengoperasian dalam suatu jendela aplikasi umumnya tidak berpengaruh pada aplikasi lain. banyaknya  jendela ( Windows ) aplikasi yang dijalankan pada waktu yang bersamaan bisa lebih dari satu jendela.

Windows Explorer 

Merupakan program untuk menampilkan dan melihat isi komputer atau folder.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
https://www.profitablegatetocontent.com/wrgugwkw?key=3efb39b80bcc6b4ece3da6e4822d0cbe