Website Instan

Cara Kerja Softswitch dan Manfaatnya

Cara Kerja Softswitch dan Manfaatnya - Pada  jaringan telekomunikasi terdapat softswitch, Apa itu softswitch? Softswitch adalah perangkat berbasis perangkat lunak yang melakukan fungsi kontrol panggilan melalui jaringan Internet Protocol (IP). Bagaimana agar soft switch dapat bekerja dengan baik, bagaimana cara kerjanya?

Sebelum itu, istilah softswitch mungkin membingungkan. Sederhananya, softswitch adalah alat komunikasi yang memungkinkan Anda menghubungkan telepon dari satu saluran ke saluran lainnya. Softswitch juga dapat diartikan sebagai alat untuk menghubungkan jaringan sirkuit ke jaringan paket. Ini termasuk jaringan telepon (PTSN), Internet berbasis IP, TV kabel, dan jaringan seluler yang ada.

Sebagai referensi, saat ini mode komunikasi yang menggunakan softswitch adalah Skype. Semua panggilan Skype dilakukan melalui Internet melalui alamat IP. Layanan Skype menggunakan sakelar lunak untuk menghubungkan penelepon ke pengguna yang dipanggil. 

Cara kerja softswitch server

Cara Kerja Softswitch dan Manfaatnya
Cara Kerja Softswitch dan Manfaatnya

Sebelum menjelaskan cara kerja softswitch, perlu dipahami bagaimana konsep server softswitch bekerja. Softswitch adalah sistem telekomunikasi masa depan yang mampu menyediakan layanan triple play, tetapi layanan ini hanya dimungkinkan dengan sistem jaringan canggih seperti teknologi berbasis IP.

Bagian paling kompleks dari pusat lokal adalah perangkat lunak yang mengelola pemrosesan panggilan. Salah satu solusinya adalah dengan membuat perangkat yang dapat menghubungkan komunikasi suara dalam bentuk paket atau sirkuit.

Singkatnya, praktik terbaik adalah memisahkan secara fisik fungsi pemrosesan panggilan dari fungsi switching dan menggunakan protokol standar lain untuk menghubungkan keduanya. Komponen sakelar lunak

Gateway controller (GC) atau agen panggilan mengontrol semua layanan dan sesi komunikasi dan mengatur interaksi elemen jaringan lainnya.

Signaling Gateway (SG), komponen ini merupakan jembatan antara jaringan SS7 di bawah kendali Gateway Controller dan jaringan IP. Gerbang pensinyalan hanya menangani pensinyalan SS7.

Sebuah gateway media (MG) bertindak sebagai elemen transportasi yang mengarahkan lalu lintas di jaringan softswitch dan mengirim dan menerima lalu lintas dari jaringan heterogen lainnya.

Feature Server (FS), komponen ini menggunakan sumber daya dan layanan yang dialokasikan ke komponen softswitch lainnya. Server Media (MS) bertanggung jawab untuk menyalakan softswitch dengan fitur media seperti bereaksi terhadap respons suara.

Bagaimana cara kerja Softswitch?

Bagaimana Softswitching Bekerja Dalam jaringan paket, gateway pelanggan dan telepon IP mengirimkan sinyal menggunakan protokol telepon seperti protokol H.323 dan SIP.

Setelah menerima sinyal, softswitch mengidentifikasi panggilan masuk yang berasal dari jaringan PSTN atau IP.

Jika pihak yang dipanggil menggunakan IP, softswitch menginstruksikan gateway pelanggan sumber dan tujuan untuk membuat rute langsung yang masih berada di jaringan LAN/MAN/WAN.

Di sisi lain, jika pemanggil berada di jaringan PTSN, softswitch menginstruksikan gateway pelanggan asal untuk membuat rute ke gateway media. Gateway media terhubung antara trunk lokal dan trunk terpusat, dan gateway media bekerja bersama dengan pensinyalan. pintu gerbang.

Fitur Softswitch

memiliki fungsi switching

Switching adalah salah satu komponen kunci dari jaringan komunikasi. Komunikasi point-to-point dapat dicapai dengan menggunakan teknologi switching tanpa perlu membuat koneksi langsung antara dua node. Softswitch tidak hanya dapat menghubungkan/menghubungkan node IP satu sama lain, tetapi juga menghubungkan dan memutuskan antara IP-PBX dan PTSN untuk mengelola lalu lintas data, suara, dan video.

fungsi sinyal

Pensinyalan atau pensinyalan terjadi antara pengontrol gateway media menggunakan protokol Magaco, H.323, dan SIP. Protokol ini memastikan fungsionalitas sistem yang optimal.

fungsi kontrol

Fungsi kontrol softswitch dilakukan oleh pengontrol gateway media. Media Gateway Controllers mengarahkan, memvalidasi, dan menyediakan akses pengguna dan menetapkan rute pensinyalan ke jaringan PTSN. Sakelar lunak beroperasi sesuai dengan instruksi sinyal dari data yang disimpan di panel kontrol. Fungsi antarmuka

Softswitch memiliki antarmuka yang disebut Application Programming Interface (API) yang dapat digunakan untuk menambah atau memperluas server yang digunakan untuk menambahkan layanan baru.

Kelebihan dari soft switching

Sebuah softswitch yang dapat menghubungkan jaringan nirkabel dan kabel.

Ini memungkinkan komunikasi antara pengguna jaringan telepon dan pengguna jaringan Internet.

Softswitch memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi berbagai tugas seperti memeriksa pesan suara, penagihan, dan bahkan merekam panggilan.

Sakelar lunak biasanya jauh lebih murah daripada opsi tradisional karena membutuhkan lebih sedikit perangkat keras untuk bekerja secara efektif. Nah, itulah pembahasan tentang cara kerja softswitch. Setelah membaca uraian di atas, Anda mungkin segera menyadari bahwa teknologi softswitch memang banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
https://www.profitablegatetocontent.com/wrgugwkw?key=3efb39b80bcc6b4ece3da6e4822d0cbe